Mari Mengaji !!

Selasa, 11 Januari 2011

Gunakan 5 perkara sebelum datang 5 perkara lainnya

“ gunakanlah 5 perkara sebelum datang 5 perkara lainnya, gunakanlah masa mudamu sebelum masa tuamu., masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum miskinmu, masa lapangmu sebelum datang masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang matimu.” ( HR. Muslim, Tirmidzi dari Amru bin Maimun)





Hadits 5 perkara sebelum 5 perkara di atas adalah salah satu hadits yang sering dibawakan oleh para penceramah. Hadits ini mampu membangkitkan motivasi bagi orang yang mampu memahami maknanya dengan baik. Namun ternyata tidak semua orang mampu memahamin apalagi melaksanakannya . Memang berat sekali untuk melaksanakannya.

Namun masalah akan terasa manakala 5 perkara pertama hilang dan digantikan dengan 5 perkara lainnya. Ketika 5 perkara yang “ dibenci” manusia telah datang, barulah mereka berdo’a dan memohon kepada Allah agar segera menghilangkan 5 perkara itu dan segera digantikan dengan 5 perkara pertama.



Oleh karena itu, sebelum penyesalan itu datang, segera menggunakan 5 perkara yang pertama dengan sebaik-baiknya. Walaupun terasa berat, berusahalah dengan sekuat tenaga demi kebaikan kita di dunia dan akhirat.

Mengapa kita diperintahkan menggunakan 5 perkara sebelum datang 5 perkara lainnya ? Yuk kita lihat satu-persatu.



Pertama : masa muda sebelum masa tua Manfaat masa muda : kuat, energik, lincah, banyak ide, belum disibukkan urusan keluarga, kemana aja bisa, banyak diminta bantuan, dll. Makanya gunakan masa muda untuk berbuat baik sebanyak-banyaknya. Sebaliknya, masa tua akan sulit mendapatkan kesempatan seperti masa muda.

Kedua : masa sehatmu sebelum masa sakitmu Manfaat masa sehat : makan enak, tidur lelap, bisa kerja, ibadah kuat, aktifitas apapun bisa, bisa membantu orang, bisa cari uang, dll. Makanya beribadah dengan baik sewaktu kita sehat. Sebaliknya, masa sakit tidak akan merasakannya. Bahkan bisa menyusahkan orang banyak. Namun jika sabar, maka sakit itu akan menghapus dosa.

Ketiga : masa kayamu sebelum miskinmu Manfaat masa kaya : bisa berinfak, bersedekah, membantu orang miskin , membangun fasilitas umum, membangun rumah, beli kendaraan, beli apa saja bisa, dll. Maka tidak ada kata lain kecuali memanfaatkan kekayaan kita di jalan Allah. Karena harta itu milik Allah yang dititipkan ke kita.

Keempat : masa lapang sebelum datang masa sibuk Manfaat masa lapang : bisa menikmati waktu dengan tenang, berkumpul dengan keluarga, bisa tamasya, jalan-jalan ke mana aja, silaturrohim, dll. Namun jika waktu sibuk datang, maka kita hanya akan disibukkan dengan rutinitas kita.

Kelima : masa hidup sebelum mati Manfaat hidup : ya…jelas sekali . kita bisa berbuat apa saja. Karena kalau sudah mati, kita tidak bisa kembali lagi ke dunia, segala aktifitas kita akan terhenti dengan kematian. Makanya gunakan hidup ini untuk beribadah semata. Ibadah dalam artian luas. Bekerjapun jika diniatkan ibadah maka akan bisa mendatangkan pahala.

Semoga hadits 5 perkara ini mampu memotivasi kita untuk melakukan sesuatu yang terbaik untuk kita, keluarga kita, dan orang sekeliling kita. Semoga sukses dunia akhirat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar